Senin, 05 Januari 2015

Mitos batu mirah delima

Mitos batu mirah delima


batu ini memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran. Batu ini sebenarnya lebih terkenal dengan sebutan dengan batu Ruby di pasaran Indonesia atau pun bagi pecinta batu di seluruh dunia.
Karakteristik batu Ruby mirah delima adalah ciri khasnya yang memiliki warna yang sangat terang. Selain warna yang sangat menarik dan terang, batu mirah delima asli ini merupakan jenis batu permata  paling di cari di dunia karena tingkat kekerasan, daya tahan, kilau, dan kelangkaannya. Fakta mengejutkan bahkan Ruby transparan yang memiliki ukuran besar jauh lebih langka dari pada Intan.

Batu Mirah Delima

batu merah delima

batu mirah delima
Batu mirah delima merupakan sebutan yang sering digunakan di Indonesia, kelangkaan batu ini terkadang membuat banyak masyarakat Indonesia pecinta batu mulia harus hati hati atas beredarnya batu Ruby palsu. Terkadang tidak jarang banyak masyarakat Indonesia yang masih mengaitkan batu ini dengan hal mistis, walaupun hal tersebut sangat jauh dari nalar. 
Perdagangan Batu Mirah Delima
Pusat perdagangan batu mirah delima asli adalah di Bangkok , Thailand. Chantaburi  salah satu provinsi di Thailand selalu menjadi sumber perdagangan untuk batu jenis ruby ini. Batu Ruby paling berharga dan memiliki warna alami adalah di Mogok, Burma (Myanmar). Tambang Ruby di burma ini telah berada di bawah kontrol pemerintah dengan pengawasan yang sangat ketat.
Sumber Batu Mirah Delima
Pada tahun 2000, sumber Ruby baru ditemukan di Madagaskar ( di Vatomandry dan Andilamena ). Madagaskar merupakan salah satu penghasil dan sumber Batu mirah delima terbesar di dunia. Selain itu, batu Ruby juga ditemukan di berbagai negara di dunia termasuk Sri Lanka, India, Kamboja, Vietnam, Tanzania, dan Mozambik . Sumber penghasil ruby lainnya adalah Afghanistan, Pakistan, Tajikstan, Australia, dan Amerika Serikat ( North Carolina ).

Khasiat  Mirah Delima

Fakta mengejutkan seputar pembicaraan batu mirah delima asli ini di Indonesia, banyak yang mengklaim bahwa khasiat batu mirah delima ini juga untuk hal yang berbau mistis. Namun sangat disayangkan bahwa pola pikir masyarakat yang senang akan hal hal mistis dan mudah terbawa mengenai isu yang beredar mengenai batu ruby ini.
Batu ruby atau mirah delima asli ini memang memiliki banyak peminat, selain itu harganya juga cukup tinggi dari batu akik bahkan bisa mencapai ratusan juta atau Milyaran Rupiah. Namun untuk mengaitkan hal tersebut dengan hal gaib atau mistis tidak ada kaitannya, karena batu ini merupakan batu alam yang terbentuk dari proses fenomena alam yang panjang dan menghasilkan bentuk yang sangat menawan dan menarik untuk dijadikan sebagai perhiasan.


Sumber tulisan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar